Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Galakkan Swadaya, SMAN 1 Semitau Tingkatkan Infrastruktur

Galakkan Swadaya, SMAN 1 Semitau Tingkatkan Infrastruktur

On Sunday, January 20, 2013 | 7:32 PM

pagar sekolah hasil swadaya

Ketika sekolah lain berharap dan menunggu program dari pemerintah untuk peningkatan infrastruktur, tidak demikian dengan SMAN 1 Semitau. Kebersamaan di bangun antara Sekolah, siswa dan orang tua melalui komite sekolah. Hasilnya, sejumlah infrastruktur berhasil di tingkatkan berkat gerakan swadaya. “Pemerintah itu perhatiannya banyak. Jadi kalau hanya menunggu tentu giliran kita sulit di ketahui kapan. Dari pada berdiam diri, makanya kita bangun program swadaya agar ada peningkatan kualitas infrastruktur sekolah,” ungkap Surahman, S.Pd, Kepala SMAN 1 Semitau. Dari kegiatan swadaya itu diakui Surahman sudah ada beberapa infrastruktur yang di benahi. Salah satu diantaranya adalah lantai sekolah. Dari lantai papan, di tingkatkan menjadi lantai keramik. Langkah awal pergantian lantai itu dilakukan di ruang guru dan selasar sekolah. Peningkatan lantai dari papan berganti keramik itu merupakan kolaborasi sekolah, siswa yang ketika itu lulus sekolah dan orang tua siswa.  Para siswa yang lulus itu diminta kontribusi secara sukarela. Kekurangan dana penggantian lantai itu kemudian di tanggung sekolah.
“Sekarang hampir  70% selasar sekolah sudah berlantai porselen. Sedangkan ruang guru sudah sepenuhnya berganti lantai keramik,” ujar Surahman. Swadaya lain yang lebih fenomenal dilakukan pihaknya dikatakan Surahman adalah pembangunan pagar sekolah. Tak tanggung-tanggung, pagar yang di bangun berupa pagar besi. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, di bagian pagar di buat tulisan PSB tahun 2012. Artinya pagar itu sebagian dana pembangunannya bersumber dari dana penerimaan siswa baru tahun ajaran 2012. “Sama dengan penggantian lantai, dana yang kurang sekolah membayar. Tapi oleh karena kemampuan terbatas, pembangunannya baru separuh. Tapi  bertahap kita akan pagar seluruh kompleks sekolah,” bangga Surahman.
Berikutnya bangunan yang juga mulai dibangun melalui sinergi multipihak adalah moshola sekolah. Sampai saat ini dikatakan Surahman, sudah berdiri bangunan moshola hingga atap. Tinggal finishing dinding dan lantai.
“Mushola itu pihaknya juga menggalang dana dari masyarakat sekitar sekolah,” ujarnya
Surahman menyadari betul akan arti penting transparansi. Dikatakan Surahman, untuk itu ia menempel laporan penerimaan dan pengeluaran dana di papan pengumuman sekolah. Bahkan pihaknya siap memberikan print out laporan itu ketika ada pihak orang tua atau masyarakat yang meminta. (Ln13)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng