Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Semangat Membangun Warga Desa Landau Rantau

Semangat Membangun Warga Desa Landau Rantau

On Sunday, January 20, 2013 | 7:13 PM

warga desa Landau Rantau gotong royong mengangkut mesin listrik


*PNPM MPd Bawa Perubahan Besar
Desa Landau Rantau, Kecamatan Silat Hulu adalah salah satu desa yang terisolir di kecamatan ini. Meski demikian, masyarakatnya memiliki semangat yang kuat untuk membangun desa. Itu terlihat dari semangat dan antusiasme masyarakatnya sangat tinggi terhadap pelaksanaan program PNPM MPd.
“Rasa kebersamaan dan motivasi yang sangat tinggi tersebut terlihat ketika desa mendapatkan kegiatan dari program PNPM MPd. Terhitung sampai dengan tahun lalu, Desa sudah beberapa kali mendapatkan alokasi bantuan kegiatan. Meliputi pembangunan Rabat Beton, Balai Pertemuan, MCK dan Listrik Desa,” ungkap Musa selaku Kepala Desa Landau Rantau.
Ditambahkan  Musa, ketika proses pelaksanaan kegiatan dimulai, hampir seluruh masyarakat dalam satu desa ikut terlibat aktif. Tidak hanya kaum pria, para wanita juga turun langsung,  bahu membahu bersama bekerja membanguan desa. Baik warga di Dusun Rantau maupun Dusun Suang. Walaupun jarak antara satu dusun dengan dusun yang lain sangat jauh.
“Tetapi semangat kebersamaan dan gotong royong masih tertanam kuat didalam kehidupan keseharian masyarakat kita,” katanya.
Antusias terhadap kegiatan pembangunan yang dilakukan program diakui Musa terlihat dari sejak awal mula desa mendapatkan kegiatan. Wujudnya, ketika pada tahun 2011 desa mendapatkan kegiatan penerangan berupa Listrik Desa. Mesin listrik yang mempunyai daya berat kurang lebih satu ton di angkut secara swadaya oleh seluruh masyarakat. Hampir satu kampung ikut turun kelapangan guna bersama-sama mengangkut mesin untuk diletakkan dilokasi perumahan mesin yang sudah disiapkan. Semangat tersebut menggambarkan luapan rasa kerinduan warga terhadap penerangan desa. Karena selama hidup bertahun-tahun dan bahkan dari semenjak nenek moyang, belum sekalipun desa merasakan penerangan saat dimalam hari. Kecuali mereka yang memiliki mesin genset pribadi.
“Harapan yang seolah mustahil untuk terwujud kampung yang gelap gulita saat dimalam hari. Akhirnya berakhir dengan adanya bantuan penerangan dari program PNPM Mandiri Perdesaan melalui Listri Desa,” ungkap pria kelahiran 1 April 1978 tersebut.
Kebersamaan itu terus terbangun ketika desa mendapatkan program pembangunan jalan rabat beton dari dana PNPM MPd Integrasi di tahun 2012. Jalan Rabat Beton itu merupakan penghubung antara dua dusun. Pekerja yang berasal dari dusun suang rela menginap dilokasi kegiatan bersama. Baik itu kaum laki-laki maupun perempuannya.  Mereka menyiapkan tenda-tenda kecil yang digunakan untuk tidur saat malam tiba.
“Itu semua mereka lakukan tidak lain adalah demi membangun desa dari ketertinggalan,” katanya.
Bungsu dari empat orang bersaudara ini  berharap semangat yang besar itu dapat selalu terpelihara dengan baik dan dapat diwariskan kegenerasi muda selanjutnya. Begitu juga keinginan untuk maju dan berkembang tertanam dalam diri masyarakat. Bahkan tidak hanya masyarakat Desa Landau Rantau saja sebagai salah satu contoh desa terisolir yang berada jauh dipedalaman Kecamatan Silat Hulu.
“Tetapi kepada semua masyarakat di Kecamatan Silat Hulu serta Kabupaten Kapuas Hulu khususnya dan masyarakat Kalimantan Barat pada umumnya,” harap Musa.
Sementara itu, Herkulanus Albinus,S.Sos Camat Silat Hulu, mengatakan, sejauh ini perkembangan program di Kecamatan Silat Hulu sudah sangat terasa perubahannya. Dari kecamatan yang tertinggal di seluruh aspek baik akses transportasi, sarana prasarana, kesehatan, pendidikan, penerangan serta komunikasi, kini telah terus berbenah.  Sejak adanya program sudah terasa perubahannya. Bangunan-bangunan yang menjadi penunjang bagi masyarakat sudah mulai berdiri satu persatu dimasing-masing desa, baik bangunan jalan sebagai akses masyarakat di desa, balai pertemuan, sekolah, penerangan dan bahkan sarana kesehatan seperti gedung pusat kesehatan pembantu (Pustu).
“Bukti bahwa program PNPM MPd ini cukup bagus memberi perubahan di masyarakat,” ungkap Herkulanus.
Ia juga menambahkah agar seluruh masyaraakat di Kecamatan Silat Hulu peduli dengan program pembangunan yang diberikan oleh pemerintah baik pusat maupun kabupaten.
“Masyarakat harus peduli dan memelihara proyek kegiatan yang telah di bangun di kecamatan jangan sampai hanya tau menggunakan tapi tidak bisa menjaga dan melakukan pemeliharaan” ungkapnya.
Penanggungjawab kegiatan ( PjOK ) Kecamatan Silat Hulu program PNPM Mandiri Perdesaan, Abang Syaifuddin, mengatakan Desa Landau Rantau merupakan satu diantara 14 desa di Kecamatan Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu, yang melaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan ( PNPM MPd ). Program di Kecamatan Silat Hulu telah masuk sejak tahun 2008 silam dan sampai dengan tahun 2012 keberadaan program telah memasuki tahun ke empatnya.
“Untuk Tahun 2012 Desa Landau Rantau mendapatkan kegiatan Rabat Beton yang bersumber dari dana PNPM Integrasi. Karena kebetulan untuk Mandiri Perdesaan desa kalah bersaingan dengan desa-desa lain. Sehingga usulannya tidak ada satupun yang terdanai melalui Mandiri Perdesaan. Tetapi beruntung untuk kegiatan integrasi usulan sarana prasarana menjadi milik Desa Rantau setelah memenangkan proses perengkingan di kecamatan,” ungkap Epo panggilan akrabnya.
 Dipaparkan Epo, untuk kegiatan integrasi ada tiga kategori kegiatan yang di rengking. Yaitu Sarana Prasarana, Peningkatan Kapasitas dan Simpan Pinjam Perempuan. Kegiatan di bidang Peningkatan Kapasitas di peroleh oleh Desa Dangkan Kota, sedangkan untuk Simpan Pinjam Perempuan tidak ada desa yang mewakili.
“Dikarenakan tidak terdapat satu desapun yang mengusulkan,” ungkapnya.
Program Integrasi Sistem Pembangunan Partisipatif, Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional ( SPP-SPPN ) ini telah membawa berkah tersendiri untuk Desa Landau Rantau dan Desa Dangkan kota selaku perwakilan Kecamatan Silat Hulu di Kabupaten, karena usulan-usulan tersebut dapat terdanai melalui dana program integrasi. Kegiatan Peningkatan Kapasitas Desa Dangkan Kota yaitu Pelatihan Seni Budaya ditetapkan dengan alokasi dana Rp.41.209.000 sedangkan kegiatan Sarana Prasarana Desa Landau Rantau kegiatan Rabat Beton dengan alokasi dana Rp.271.670.000. (jry)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng