Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Dusun Harapan Baru Bangun Gedung Serbaguna Lewat DDUB

Dusun Harapan Baru Bangun Gedung Serbaguna Lewat DDUB

On Sunday, January 20, 2013 | 7:19 PM

berfoto bersama, Drs Mansurudin Anggota DPRD Kapuas Hulu, tim pengelola kegiatan dan masyarakat

Laporan : Zuhdi, A.Md*

Nyata sudah keinginan masyarakat Dusun Harapan Baru, Desa Riam Piyang, Kecamatan Bunut Hulu memiliki gedung serbaguna. Berkat dana aspirasi dewan (DDUB Tambahan/Dana Daerah Urusan Bersama), kini berdiri megah gedung yang diimpikan itu.
Perjuangan masyarakat membangun gedung serbaguna tersebut melalui jalan yang cukup panjang.   Di awali Perencanaan desa lewat RPJMDes dan dituangkan dalam RKPDes tahun 2011 memuat usulan Pembangunan Gedung Serba Guna di Dusun Harapan baru yang berpenduduk sekitar 435 orang. Selain itu, perjuangan juga di salurkan melalui wakil rakyat. Bahkan usulan yang di sampaikan ke DPRD telah di lakukan sejak tahun 2010.
“Oleh masyarakat lewat perangkat desa dan tokoh masyarakat mengusulkan kepada anggota dewan yaitu Bapak Drs. Mansurudin atau biasa dipanggil uju Mansur,” terang Ibrahim, Kepala Desa Riam Piang.
Gayung pun bersambut. Oleh Uju Mansur, usul masyarakat itu di tampung dalam aspirasinya di penghujung tahun 2011. Anggarannya di alokasikan lewat PNPM Mandiri Perdesaan dengan dana Rp 275 juta.  Masyarakat pun bersemangat dan melakukan swadaya dalam bentuk alat sebesar Rp.2.135.000 dan bentuk upah sebesar Rp.650.000. Penyaluran Dana tahap I pada 14 Agustus 2012 sebesar Rp.110.000.000, tahap II pada 13 Oktober 2012 sebesar Rp.110.000.000, dan tahap III pada 3 November 2012 sebesar Rp.55.000.000
Pembangunan Gedung Serba Guna itu pun kemudian selesai. Banyak harapan yang akan menjadi kenyataan. Salah satunya datang dari Murli, salah seorang warga Dusun Harapan Baru. Dikatakan Murli, masyarakat sudah lama mendambakan gedung yang bisa menampung banyak orang untuk berbagai kegiatan.
“Kami berharap Kegiatan-kegiatan masyarakat dapat dilakukan di gedung ini,” Kata Suami dari Sadiyah ini.
Rasa syukur dan bangga juga di rasakan aparatur desa di sana. Salah satunya di ungkapkan Lamri, Ketua BPD Desa Riyam Piyang. Menurut Lamri, keberadaan gedung tersebut bisa di manfaatkan oleh berbagai pihak. Baik itu masyarakat, aparatur desa, hingga kegiatan sekolah yang memerlukan ruangan besar.
“kami sangat bersyukur dan bangga dengan adanya Gedung ini. Tentu bisa dimanfaatkan oleh murid sekolah dalam mendukung kegiatan sekolah dan masyarakat pada umumnya. Kami mengucapkan terima kasih kepada  pemerintah yang mau membantu,” ungkap pria yang bekerja sebagai guru ini.
Rasa Bangga dan rasa syukur juga diucapkan oleh Mulyadi, PJOK Kecamatan Bunut Hulu.
“Tentu ini menjadi sebuah kebanggan,” kata Mulyadi,
Drs.Mansurudin selaku anggota dewan yang turut berjuang mengalokasikan anggaran dari aspirasi pihaknya mengaku puas atas pembangunan gedung serbaguna itu.
“Saya sudah merasa Puas dengan adanya Gedung serba guna ini.  Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat,” kata politisi Partai Golkar yang duduk di Komisi A DPRD Kapuas Hulu.
Gedung serbaguna Dusun Harapan Baru Desa Riyam Piyang di bangun dengan panjang 26 meter serta lebar 10 meter dengan ketinggian 6 meter. Gedung serbaguna itu bisa menampung hingga 500 orang dalam sekali perteman.
“Bisa menampung lima ratus orang,” terang Andri Jumadi, fasilitator teknik Kecamatan Bunut Hulu.
Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Riam Piyang Baharudin, mengakui ada yang puas dan ada yang tidak terhadap pekerjaan pihaknya. Akan tetapi Baharudin menegaskan dalam bekerja pihaknya selalu mengutamakan mekanisme yang ada.
“Namun semua ini akan kami pertanggungjawabkan di Musyawarah Desa Serah Terima yang sebentar lagi akan dilaksanakan,” tandas Baharudin. (*koresponden SUKA Bunut Hulu dan Juga Fasilitator Kecamatan Bidang Pemberdayaan Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng