Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , , » Edukasi Seorang Pemimpin

Edukasi Seorang Pemimpin

On Friday, June 28, 2013 | 12:02 AM


Seorang pemimpin adalah khalifah yang diberikan kepercayaan oleh masyarakat untuk mengemban amanah, untuk memimpin wilayah yang menjadi tanggungjawabnya. Akan tetapi kepemimpinan seperti apa yang bisa menjadi tauladan bagi rakyat yang dipimpinnya ?
Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lihat dari seorang pemimpin :




  1. Amanah, artinya seorang pemimpin tersebut siap dan bersedia melaksanakan apa yang menjadi tanggungjawabnya sebagai seorang pemimpin, tanpa ada diskriminasi terhadap ras, suku dan golongan tertentu.
  2.  Adil, artinya seorang pemimpin tersebut melaksanakan tugasnya sesuai dengan peraturan hukum yang ada, tanpa memandang saudara, status, harta serta pangkat dan golongan.
  3. Jujur, artinya seorang pemimpin yang selalu berkata benar tanpa ada kebohongan, baik itu dari sifat dan sikap yang dibicarakannya.
  4. Tegas, artinya seorang pemimpin berani bertindak sesuai dengan aturan hukum yang ada, tanpa memandang keluarga, kerabat ataupun teman, dan berani mengatakan yang salah itu salah dan yang benar itu benar.

Kita mengetahui, pada hakekatnya seorang pemimpin itu sebenarnya adalah “pelayan bagi rakyatnya, Bukan dilayani oleh rakyatnya”, namun pada prakteknya lain dari yang kita harapkan. Bahkan pada saat sekarang ini, untuk bertemu seorang pemimpin didaerah ini harus melewati berbagai prosedur yang harus dipenuhi, seperti inikah wajah kepemimpinan di Negeri ini ?
Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita simak petikan wawancara seorang wartawan terhadap Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad pada saat memberikan kuliah umum di salah satu universitas di Amerika. Pertanyaannya seperti ini : jika anda bercermin pada pagi hari, apa yang anda lihat pada diri anda ?, Mahmoud Ahmadinejad menjawab : apabila saya bercermin pada pagi hari, saya mengatakan pada diri saya, saya tidak lebih dari seorang pelayan yang siap melayani rakyat saya”.
Pertanyaan yang wajib kita tanyakan pada pemimpin yang ada di Negeri ini adalah, sudahkah anda mencontohi Mahmoud Ahmadinejad ? dan kapan kita bisa memiliki pemimpin seperti Mahmoud Ahmadinejad ?
Semuanya kembali kepada diri kita masing-masing, apakah kita ingin seperti sekarang ini atau kita menginginkan perubahan kearah yang lebih baik. Jika kita menginginkan perubahan kearah yang lebih baik, jadilah pemimpin yang Amanah, Adil, Jujur dan Tegas, dan paling tidak pemimpin yang baik bagi diri kita sendiri.
Didalam Al-quran juga disinggung tentang sebuah kepemimpinan, Tuhan Yang Maha Esa ( Allah SWT ) berfirman yang kurang lebih artinya seperti ini, “setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan ditanya tentang kepemimpinanya itu”. Wallahualam. (*koresponden SUKA/Hamidun)
Share this article :

1 comment:

  1. Hanya sedikit pemimpin negeri ini yang benar-benar menjadi pemimpin

    ReplyDelete

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng