Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Gereja HSPMTB DI Resmikan

Gereja HSPMTB DI Resmikan

On Friday, June 28, 2013 | 1:46 AM


PUTUSSIBAU.  Peresmian Gerja Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda Putussibau (HMTB) yang diselenggarakan pada Jumat Siang (10/5) berlansung hikmat dan meriah. Ribuan masyarakat dari penjuru Kalimantan Barat hadir pada peresmian tersebut. Bahkan beberapa warga Malaysia dari Keuskupan Agung Kucing, Malayasia turut menghadiri prosesi peresmian berskemakan inculturasi budaya ini.
Gubernur Kalimantan Barat, Drs Cornelis MH yang sebelumnya meletakan batu pertama pembangunan baru Gereja HSPMTB pada tahun 2008 lalu, kembali meresmikan bangunan yang telah terbangun  megah dengan nuansa romannya itu. Hal ini turut disaksikan Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Agus Mulyana SH, Ketua DPRD Kapuas Hulu, Ade M Zulkifli, Ny Frederika Cornelis, Ny Erlinawati Nasir SH, Ny Terina Timas Agus Amd berserta jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat dan Forkumpinda Kapuas Hulu. Pada kesempatan yang sama Uskup Sintang, Mgr Agustinus Agus Pr juga hadir dan memimpin ibadat pemberkatan gereja bersama sejumlah imam dari Pastoral se Keuskupan Sintang.
Ketua Peresmian Gereja HSPMTB Putussibau, Jantau S,Sos MM menuturkan pembangunan gereja baru HSPMTB tersebut beranjak dari keinginan masyarakat Kapuas Hulu, khususnya umat kristiani kota Putussibau untuk memiliki sebuah rumah doa yang representatif dengan jumlah umat yang semakin berkembang. Disamping itu hal ini turut dibaringi dengan keadaan fisik gereja lama yang telah mencapai 50 tahun dan  rapuh dimakan usia.
“Seiring dengan pertumbuhan umat yang kadang tidak cukup ditampung oleh gereja lama pada hari raya besar, jadi umat bertekat untuk menghadirkan rumah doa ini. Tentunya ini beranjak dari kebutuhan tersebut dan didukung oleh berbagai pihak baik donatur lokal, Pemerintah Daerah Kapuas Hulu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat atau pun pihak luar. Atas dukungan tersebut kami semua mengucapkan terima kasih,” tutur pria yang juga menjabat Kabag Humas Setda Kapuas Hulu ini.
Sementara itu Gubernur Kalbar, Cornelis mengatakan pemerintah wajib dalam membina untuk perkembangan agama. Namun hanya agama yang sah menurut Negara Republik Indonesia. Sebab hal tersebut merupakan kepentingan rakyat. “Kenapa gubernur dan bupati melibatkan diri untuk pembangunan rumah ibadah? Itu karena untuk rayatnya. Kita harus bangun iman dulu, baru bangun infrastruktur,” pungkas orang nomor satu di Kalbar ini.
Dipaparkan Cornelis, soal perhatian pemerintah terhadap agama memang tidak jadi persoalan. Sebab pemerintah telah diberi wewenang untuk mencegah konflik agama itu tidak terjadi. “Dan ketika konflik tersebut timbul, sedini mungkin harus diredam. Sebab konflik agama bisa menghancurkan negara,” imbuhnya.
Karena sektor agama sangat penting, tutur Cornelis, Pemda Kapuas Hulu harus turut memperhatikan rumah ibadah. Dengan harapan masyarakat Kapuas Hulu dapat saling membina iman dan menjaga harmonisasi antar umat beragama. “Dengan gereja baru ini, diharapkan umat katolik betul-betul menjadi manusia cerdas, hormat menghormati dan bertoleransi kepada sesama. Sebelumnya saya sudah letakkan batu pertama gereja ini 2008 lalu, karena sudah berdiri kualitas iman masyarakat kristen juga harus meningkat,” ungkap Cornelis.
Pada kesempatannya, Bupati Nasir mengatakan Pemkab Kapuas Hulu akan terus mendukung pembangunan rumah ibadat baik masjid dan kelenteng, seperti halnya mendungkung pembangunan gereja HSPMTB Putussibau. Hal tersebut upaya strategis dalam membangun kebersamaan dan meningkatkan kualis iman masyarakat. “Ini semua berawal dari mimpi puluhan tahun yang lalu hingga akhirnya bisa berdiri semegah ini. Hal tersebut terwujud karena semangat kebersamaan yang tinggi. Oleh karena itu kita patut bersyukur,” ujar Bupati.
Tak luput Bupati Nasir menghaturkan terimakasih atas perhatian berbagai pihak terhadap Kabupaten Kapuas Hulu, khususnya dalam peresmian gereja HSPMTB Putussibau. “Kami atas nama Pemkab Kapuas Hulu mengucapkan terima kasih atas kunjungan Gubernur Kalbar, Drs Cornelis MH berserta Pemprov Kalbar berkenan hadir untuk peresmian ini. Semoga kedepan umat makin ramai dengan gereja yang telah bagus seperti ini,” harapnya.
Di kesempatan itu secara khusus kepada umat kristiani, Uskup Sintang Mgr Agus menghimbau dengan hadirnya gereja HSPMTB Putussibau yang baru umat kristiani di Putussibau harus semakin giat membangun iman. Disamping itu teruslah bentuk pribadi peduli sesama. “Harus terus kita tumbuhkan kebersamaan agar gereja-gereja dan rumah ibadat kita bisa terbangun dengan baik. Dengan gedung yang baik semangat kita sadar akan Tuhan juga harus terus dibangun. Kepada pemerintah Kapuas Hulu dan Pemprov Kalbar yang terus memperhatikan kami, terima kasih yang tak terhingga kami haturkan,” tuturnya.
Terkait dengan upaya pembangunan gereja, Ketua Panitia Pembanguan Gereja HSPMTB Putussibau, Drs RA Sungkalang MM mengatakan pembangunan gereja hingga dilakukan selama 5 tahun 4 bulan. Dana yang berhasil diserap untuk pembangunan tersebut berjumlah 4, 8 Milyar. “Kendati demikian pembangunan ini masih ada kredit dengan pihak ke tiga 1 Milyar lebih. Untuk itu pengupulan anggaran akan terus dilakukan,” ujar Sungkalang.
Pria yang juga menjabat Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Kapuas Hulu ini pun mengatakan pembangunan gereja HSPMTB belum mencapai seratus persen. Akan ada pembangunan lanjutan berupa pendirian menara gereja serta pengaspalan halam gereja dan lahan parkir gereja. 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng