Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Pelatihan Peningkatan Kapasitas Seni Dan Budaya

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Seni Dan Budaya

On Thursday, April 11, 2013 | 5:36 AM


 sukanews.com DANGKAN.  Desa Dangkan Kota, Gelar Peresmian Kegiatan Tahun Anggaran 2012 yaitu Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pelatihan Seni Budaya dan Prasarana Balai Pertemuan, beberapa waktu lalu di Balai Pertemuan Sungai Ramah Dusun Cahaya Kita, turut hadir Danramil Kecamatan Silat Hulu, Kapolsek serta PjOK selaku penanggungjawab program dikecamatan.
Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pelatihan Seni Budaya ini merupakan kali pertama dilakukan di Kabupaten Kapuas Hulu melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Integrasi Sistem Perencanaan Partisipatif Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPP-SPPN), sekaligus menjadi pelopor pelestarian kebudayaan lokal daerah yang selama ini sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda di tanah bumi uncak kapuas khususnya Kecamatan Silat Hulu. 
Dalam sambutannya, Agus Salim, Kepala Desa Dangkan mengungkapkan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat desa dangkan kota karena semangat kerjasama dan gotong royongnya yang sangat tinggi sehingga kegiatan pelatihan seni budaya melayu dan dayak serta pembangunan balai pertemuan dusun dapat terlaksana dengan baik di desanya.
setelah MDST dilaksanakan diharapkan warga masyarakat dapat menjaga aset pembangunan yang ada dengan pembinaan serta tugas dan fungsi kepala Dusun di wilayah kerja masing-masing menjaga dan memeliharanya”, ungkap Agus. 
Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di dusun cahaya kita sebagai lokasi yang mendapatkan kegiatan dan pembangunan prasarana dari program PNPM Mandiri Perdesaan tahun anggaran 2012  agar memelihara serta melestarikan kegiatan.

“Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan pelatihan keterampilan seni budaya, baik melayu dan dayak ini, diharapkan bisa melestarikannya sehingga budaya kita yang turun temurun dari nenek moyang kita tidak hilang di makan waktu”, harap pria kelahiran 23 September 1975 tersebut.
Camat Silat Hulu Herkulanus Albinus, S.Sos dalam kata sambutanya mengungkapkan, dengan adanya pelatihan seni budaya melayu dan dayak ini manfaatnya sangat di rasa oleh masyarakat khususnya pecinta seni daerah dan beliau berharap agar generasi muda bisa melanjutkan kesenian tersebut dari generasi tua.
Semoga anak-anak kita generasi muda bisa menjadi pelanjut generasi tua para seniman budaya lokal daerah”, ucap Herkulanus.
Herkulanus menambahkan, diresmikannya kegiatan pelatihan dan balai pertemuan dusun tersebut menjadi bukti kemandirian masyarakat yang direncanakan secara bersama mulai dari tahapan perencanaan yaitu penggalian gagasan, pelaksanaan sampai dengan pelestariannya dilakukan oleh masyarakat. Ia juga menghimbau agar semangat memelihara dan melestarikan kegiatan dilakukan bukan hanya untuk kegiatan program PNPM Mandiri Perdesaan saja, tetapi pada semua kegiatan dari program pemerintah yang masuk ke kecamatan.
“Tanggungjawab kita untuk melakukan pelestarian dan pemeliharaan bukan hanya terhadap kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan saja, tetapi seluruh kegiatan pemerintah yang masuk ke desa, kecamatan maupun kabupaten”, harap Herkulanus.
Saudi Arifanda, selaku Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dalam penyampaian laporan pertanggungjawabannya, menyebutkan, Desa Dangkan Kota untuk Tahun Anggran 2012 mendapatkan dua kegiatan dari Program PNPM Mandiri Perdesaan. Kegiatan gedung serbaguna (Balai Pertemuan Dusun) dari kegiatan PNPM MPd reguler dan pelatihan seni budaya dari kegiatan PNPM MPd Integrasi (SPP-SPPN).
“Pelatihan peningkatan kapasitas seni budaya dari dana integrasi sistem perencanaan partisipatis sistem perencanaan pembangunan nasional (SPP-SPPN) dengan alokasi dana Rp.41.209.000,- dan kegiatan pembangunan balai pertemuan dusun dari dana PNPM Mandiri Perdesaan reguler adalah Rp.124.859.500,- “, Jelas Saudi.
Ia menambahkan, dengan selesainya pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh Tim Pengelola dan dengan diresmikan serta diserah terimakan kemasyarakat dan desa, maka tanggungjawab secara program telah selesai. (jry)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng