Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » 23 PPK Siap Sukseskan Pemilu 2014

23 PPK Siap Sukseskan Pemilu 2014

On Friday, April 26, 2013 | 6:15 PM

sukanews.com Pelaksanaan pemilihan umum DPR, DPD dan DPRD tidak sampai satu tahun. Tahapan demi tahapan terus berlangsung. Salah satu ujung tombak suksesnya penyelenggaraan pemilu ti tingkat kecamatan adalah Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK.
Belum lama ini, KPU Kapuas Hulu membentuk dan melantik 23 PPK se Kabupaten Kapuas Hulu. Hadir pada acara pelantikan dan bahkan berkesempatan memberi arahan, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH.
Ketua KPU Kapuas Hulu, M Sainihadi ST dalam sambutan mengingatkan 115 anggota PPK untuk meluruskan niat agar dapat menjaga independensi sehingga tidak mendukung siapapun.
“Banyak motivasi saat mengikuti seleksi PPK ini. Tapi saya harap setelah di lantik dan bekerja, hanya ada satu niat yang lurus yaitu mensukseskan penyelenggaraan pemilu. Bukan mensukseskan orang-orang yang maju menjadi calon legislative melalui partai politik peserta pemilu,” ingat Saini.
Saini juga mengingatkan para anggota PPK untuk dapat bekerja sesuai aturan main yang sudah di tentukan. Tidak menyimpang dengan mengambil kebijakan tanpa didasari dasar yang jelas. PPK yang juga merupakan rangkaian dari KPU memiliki tanggung jawab moral pada setiap anggotannya. Harus bisa menjadi penyelenggara pemilu yang jujur, adil, terbuka, akuntabel, professional berdasarakan azas penyelenggaraan pemilu.
“Tak mudah memang jadi penyelenggara. Namun jika berpegang teguh pada aturan, pasti bisa berjalan dengan baik,” kata Saini.
Sementara itu, Bupati AM Nasir SH mengatakan bahwa tugas penyelenggara pemilu termasuk PPK di dalamnya semakin berat. Meskipun partai politik peserta pemilu tinggal 12, tapi nuansa kompetisinya semakin kuat.
“Justru semakin sedikit kompetisinya semakin ketat. Jadi salah sedikit saja dalam pengambilan keputusan bisa menjadi persoalan kemudian. Jadi sebagai penyelenggara harus benar-benar hati-hati dan berpijak pada aturan yang ada,” kata Nasir.
Mengingat tugas pokok dan fungsi PPK sangat strategis, Nasir menilai ada beberapa hal yang perlu dipegang. Pertama, PPK apabila menghadapi permasalahan-permasalahan, segera melakukan koordinasi dengan anggota PPK, sekaligus melibatkan sekretariat PPK dan melakukan koordinasi dengan KPU Kapuas Hulu. Kedua, setiap langkah dan tindakan harus senantiasa berpedoman pada aturan yang berlaku, agar dapat di pertangungjawabkan. Ketiga, kepada KPU Kapuas Hulu hendaklah selalu memberikan pelayanan dengan mengedepankan semangat profesionalisme, sehingga dapat terjalin komunikasi secara efektif diberbagai tingkatan dan memberikan hasil yang diharapkan. Keempat,  kepada seluruh satuan kerja pemerintah Kapuas Hulu agar dapat memberikan dukungan kepada KPU dan PPK dalam melaksanakan tugas yang cukup berat ini, sebaga pada hakekatnya keberhasilan KPU merupakan keberhasilan pemerintah dan masyarakat Kapuas Hulu. Kelima, netralitas KPU dan PPK perlu tetap ditegakkan. Sebab netralitas modal yang sangat berharga dalam mengawal tegaknya demokrasi sebagaimana amanat UUD 1945 dan Pancasila yang kita junjung tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng