Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » » Pangdam Bekandau Ke Kapuas Hulu

Pangdam Bekandau Ke Kapuas Hulu

On Friday, April 26, 2013 | 4:26 PM

Wabup Agus Mulyana menerima cenderamata dari Pangdam XIITPR, Mayjen TNI Ridwan

Pangdam XII/TPR, MAyjen TNI Ridwan, belum lama ini bekandau (berkunjung, red) ke Kabupaten Kapuas Hulu. Sejumlah kegiatan di laksanakan oleh Pangdam selama di Kapuas Hulu. Termasuk menghadiri bhakti TNI di Nanga Badau, Kecamatan Badau.
Di Putussibau, Pangdam berkesempatan melakukan ramah tamah dengan para tokoh di Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (10/4) malam. Dalam tatap muka itu hadir Wakil Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Agus Mulyana SH dan Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Ade M Zulkifli SAP. Acara silaturahmi ini juga dihadiri Asisten teritorial Kasad, Mayjen TNI Bachtiar, Danrem 121/ABW, Kolonel Inf Binarko Sugihantio, Dandim 1206/PSB, Letkol Inf Jayusman, Danyon 644/ WLS, Mayor Inf Vivin Avianto, beserta bebapa Anggota DPRD, Kepala SKPD, Tokoh Agama dan Masyarakat Kapuas Hulu.
Dalam silaturahmi lintas sektoral ini, Wabup Agus memaparkan beberapa hal terkait keadaan Kabupaten Kapuas Hulu. Diantaranya tentang keberadaan beberapa kecamatan di Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. 7 kecamatan tersebut adalah Puring Kencana, Empanang, Badau, Batang Lupar, Embaloh Hulu, Putussibau Utara dan Putussibau Selatan. Penduduk dikawasan perbatasan ini  hanya 122.162 jiwa. Dari ethnis dan suku, jelas Agus, Kapuas Hulu di dominasi suku Dayak, Melayu, Thiong Hoa, Batak, Jawa dan Padang. Kendati demikian banyak suku yang berbeda di Kapuas Hulu, keharmonisan tetap terpelihara dengan baik.
“Suku disini banyak, namun kami banggan kami disini sangat aman dan saling menghargai dengan semangat bersamaan dan semangat gotong royong,” imbuhnya.
Wabup pun memaparkan Kapuas Hulu memiliki sejumlah potensi unggulan. Seluruh potensi tersebut merupakan bagian dari kekayaan alam yang terdapat di Bumi Uncak Kapuas. Salah satunya adalah skema ekowisata berbasis pemberdayaan masyarakat yang diupayakan melalui Taman Nasional Danau Sentarum dan Taman Nasional Betung Kerihun. “Selain itu kami juga memiliki daya dukung tinggi yakni hutan dan lahan yang luas untuk perkebunan, termasuk sebagai lokasi yang berpotensi untuk bahan tambang. Kami juga memiliki potensi ikan air tawar terlengkap di Danau Sentarum,” papar Agus.
Dikatakan Wabup Agus selain beberapa unggulan tersebut Kapuas Hulu memiliki 3 issu. Pertama Kapuas Hulu merupakan kabupaten perbatasan, kedua Kapuas Hulu adalah kabupaten konserfasi dan terakhir Kapuas Hulu salah satu kabupaten tertinggal yang 133 desanya berstatuskan tertinggal dan 43 desanya berstatuskan sangat tertinggal. “Walau begitu pendidikan Kapuas Hulu sudah cukup baik, sekarang baru satu perguruan tinggi. Kedepan sudah kami inisiasikan sebuah akademi politeknik. Sedangkan untuk IPM di Kalbar, Kapuas Hulu nomor 2 setelah Kota Madya Pontianak,” ujarnya.
Sementara itu, Pangdam XII/TPR, Mayjen TNI Ridwan menuturkan kunjungannya ke Kapuas Hulu adalah untuk mendalami dan memahami kawasan serta adat budaya masyarakat paling timur Kalbar ini. Selain itu untuk mengingatkan 4 hal sesuai amanat dari Presiden RI. Pertama perihal patok negara, karena ini bagian dari kedaulatan negara. Kedua kasus buruh yang tidak sesuai gajih akan memicu kerusuhan. Selanjutnya, masalah pemilihan umum yang juga dapat mengundang keributan. Selanjutnya konflik komunal seperti masalah tanah, dan batas antar kampung. Ketika ini berkaitan dengan potensi tambang tentu sangat riskan, bila perlu zona batas itu dikasi bambu.
“Terkait beberapal ini Kapuas Hulu sudah lebih baik dan aman jadi saya harapkan itu dipertahankan,” jelasnya.
Pangdam XII/TPR pun mengamanatkan kepada seluruh satuan TNI di Kapuas Hulu untuk selalu menjalin sinergitas dengan Pemkab Kapuas Hulu dalam mendukung pembangunan daerah serta mewujudkan kenyamanan daerah.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng