Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Sapi IB Prospek Menjanjikan

Sapi IB Prospek Menjanjikan

On Tuesday, March 26, 2013 | 12:57 AM


Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Kapuas Hulu, melalui Bidang Peternakan tengah mendorong pengembangbiakan sapi melalui pola inseminasi buatan atau IB. Prospek sapi hasil IB lebih menjanjikan dari pola kawin tradisional sapi lokal yang ada.
Hasil sapi IB kualitasnya lebih baik dari sapi lokal yang sudah ada. Salah satu contoh adalah sapi yang di beri nama Limbal milik Rinjak, salah seorang peternak Desa Sungai Uluk, Kecamatan Putussibau Selatan. Sapi Limbal hasil IB dari bibit Limosin berhasil di jual Rp 20 juta dan menjadi harga termahal di Kapuas Hulu hingga saat ini. Padahal, usianya ketika di lepas dengan harga seperti itu baru 1,3 tahun. Contoh lain adalah sapi hasil IB milik Edi Suhardi, Ketua Kelompok Ternak Sapi Kedamin Kreatif. Anak sapi betina dari program IB miliknya baru berumur  1 bulan sudah di taksir pembeli seharga Rp 5 juta.
Program IB sapi merupakan salah satu solusi dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Kapuas Hulu dalam mengatasi kelangkaan pejantan. Selain itu juga dalam rangka meningkatkan kualitas sapi untuk peningkatan pendapatan petani ternak. Meski belum sepenuhnya di dukung, namun melalui Bidang Peternakan, program IB terus di gulirkan. Dengan harapan mampu menjadikan sapi sebagai salah satu ternak yang dilirik untuk dikembangbiakkan dan menjadi instumen investasi masyarakat.*
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng