Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » » PKBM Untuk Pengentasan Buta Huruf

PKBM Untuk Pengentasan Buta Huruf

On Wednesday, February 20, 2013 | 12:47 PM


Wilayah yang luas dan sebaran penduduk yang tak merata menjadi kendala peningkatan pendidikan masyarakat. Oleh karena itu, salah satu solusi yang akan di dorong pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu adalah mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM.
“Kita tidak menutup mata bahwa angkatan buta huruf di Kapuas Hulu itu ada. Dan persoalan ini bukan kemudian di biarkan begitu saja. Solusi yang akan kita gagas adalah mengaktifkan pembentukkan PKBM di wilayah masyarakat yang sulit akses pendidikannya. Kita akan dukung masyarakat yang membentuk PKBM ini,” ungkap Agus Mulyana, Wakil Bupati Kapuas Hulu.
Agus menuturkan, masyarakat buta huruf bisa di temui di Kapuas Hulu. Tidak sedikit diantaranya adalah anak-anak yang harusnya masih usia sekolah. Dikatakan Agus, salah satu faktor penyebab sulitnya akses pendidikan masyarakat. Ia mencontohkan beberapa kelompok masyarakat yang bermukim di wilayah danau. Tersebar di berbagai titik yang jauh dan tidak ada sekolah yang bisa di akses.
“Orang tua khawatir melepas anak mereka bersekolah ke daerah lain. Itu juga menjadi kendala,” katanya.
Karena itu, Agus sangat mendukung program pembentukkan PKBM. Melalui PKBM diharapkan ada masyarakat yang menggerakkan pendidikan. Meski itu hanya sebatas pada pendidikan non formal. Seperti keaksaraan fungsional, paket B dan paket C. Karena sertifikat pendidikan non formal diakui sebagai proses pendidikan yang ada.
“Selain itu kita terus menggelontorkan program peningkatan akses masyarakat. Jika akses lancar tentu masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan pendidikan. Meski lokasi sekolah sedikit lebih jauh dari permukiman penduduk,” tambah Agus.
Agus mengatakan, pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu akan terus mensinergikan berbagai langkah pengentasan buta huruf. Sehingga derajat pendidikan masyarakat dapat terus di tingkatkan guna mendapatkan sumber daya manusia berkualitas.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng