Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , , » Siswa Hulu Kapuas menjadi Finalis Kalbe Junior Scientist Award 2013 di Jakarta

Siswa Hulu Kapuas menjadi Finalis Kalbe Junior Scientist Award 2013 di Jakarta

On Sunday, August 18, 2013 | 3:50 PM

Nikodimus dan Terah Fitrus, dua siswa SDN 17 Nanga Bungan, terpilih menjadi salah satu finalis Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2013. KJSA adalah ajang lomba karya sains untuk siswa tingkat sekolah dasar di Indonesia. Siswa SD yang berusia 10 s/d 12 tahun atau duduk di kelas IV, V, dan VI diundang untuk mengirimkan hasil karya sains (penemuan atau percobaan) sederhana di bidang Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu (IPA Terpadu), Teknologi Terapan, dan Matematika.
Niko dan Tera, begitu kedua anak ini akrab dipanggil oleh teman-temannya yang sekarang merupakan siswa didik dari Rifki Furqan, Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar ini, mendapat kehormatan dimana karya sainsnya yang bernama "WaterHole! Sistem Otomatis Pemompa Air di dalam Perahu Tanpa Bahan Bakar" terpilih menjadi salah satu dari 18 karya sains terbaik yang dipilih oleh dewan juri. Karya penelitian terapan mereka ini bermula dari Pengajar Muda sebelumnya (Fardhady Himawan KH) yang menemukan lubang pada perahu ketika mudik  yang kemudian menjadi ide awal dan bahan diskusi dengan kedua anak tersebut. Ternyata, kedua anak tersebut memang sudah paham akan fungsi dari lubang tersebut sehingga Pengajar Muda hanya membimbingnya saja dalam melakukan pembuktian dan menjelaskan dasar ilmiah terkait proses tersebut yaitu Hukum Bernoulli.
Peserta dari 18 karya sains terbaik tersebut akan diundang ke Jakarta pada 26-30 Agustus 2013 bertempat di Putri Duyung Cottage Ancol untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan tim juri, dan dari penilaian presentasi tersebut akan dipilih 9 pemenang. 9 (sembilan) pemenang tersebut akan diundang kembali pada acara Kalbe Junior Science Fair (KJSF) di Jakarta pada September 2013 untuk memamerkan hasil karya sains.
Perjalanan kali ini adalah untuk pertama kalinya bagi mereka ke Jakarta, keluar Kalimantan. Pengalaman pertama mereka juga merasakan terbang dengan pesawat ke ibukota Negara. Semua itu karena karya mereka, karena ilmu pengetahuan dan kepercayaan diri yang mereka miliki. Semoga dengan momentum ini mereka akan lebih semangat lagi untuk belajar dan mengejar cita-citanya dan juga menjadi contoh bagi siswa SD di Kapuas Hulu pada khususnya. Mari kita doakan agar mereka dapat menjadi pemenang dan mengharumkan nama Kapuas Hulu tahun ini.

Oleh : Rifki Furqan, Pengajar Muda SDN 17 Nanga Bungan
rifkifurqan@yahoo.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng