Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » » Microsoft Kucurkan Rp 80,3 Triliun Untuk Membeli Nokia

Microsoft Kucurkan Rp 80,3 Triliun Untuk Membeli Nokia

On Wednesday, September 4, 2013 | 2:10 PM

Nokia Asha 501 dilengkapi dengan koneksi bluetooh dan Wifi, kamera 3.2 Mega pixel dan pilihan memori MicroSd yang dapat di upgrade sampai 32GB. ibuymobile.co.uk
Microsoft Kucurkan Rp 80,3 Triliun Untuk Membeli Nokia

GOALOLEH    Adhittia Egha Perdana     Ikuti di twitter      SUMBER    TEMPO

Aksi korporasi besar digarap Microsoft Inc pada pekan pertama September 2013. Perusahaan komputer terbesar di dunia itu mengakuisisi unit bisnis ponsel dan jasa milik Nokia senilai US$ 71,1 miliar atau Rp 80,3 triliun.

New York Times
 mengabarkan, langkah ini dilakukan Microsoft sebagai bagian dari rencana transformasi bisnisnya. Dengan mengakuisisi bisnis Nokia, Microsoft berencana menebus ketertinggalannya dalam bisnis perangkat telekomunikasi bergerak (mobile gadget). Seperti diketahui, Nokia sempat menjadi pemain terbesar dalam bisnis ponsel pada dekade 2000-2008.

Dalam rilisnya pada Senin malam, 2 September 2013, Microsoft menyatakan sebanyak 32 ribu karyawan Nokia siap bergabung. Kepala Eksekutif Nokia, Stephen Elop, akan bergabung dengan Microsoft, namun bukan sebagai CEO. Hanya saja, Elop memiliki kans besar sebagai pengganti CEO Microsoft Steven A. Ballmer yang memasuki masa pensiun.

Melalui keterangan tertulisnya, Balmer mengatakan akuisisi Nokia akan memberi berkah kepada Microsoft terutama dari sisi sumber daya manusia. Nokia akan memberi "tim tangguh" yang siap membantu Microsoft merebut pangsa pasar dalam bisnis ponsel.

Nokia, kata Balmer, memiliki kapabilitas yang sudah terbukti dalam bisnis ponsel, terutama dalam bidang desain, mata rantai penjualan serta manajemen manufaktur.  "Ini memberi peluang bagi Microsoft untuk memperluas cakupan bisnis," katanya.

Kemungkinan transaksi ini bisa tuntas pada kuartal pertama 2014. Bagi Nokia, akuisisi ini menjadi penyelamat setelah bisnisnya terus tergerus ponsel buatan Apple, Samsung, dan gadget murah buatan Cina. Nokia yang memiliki pengalaman membuat 600 ribu gadget sehari sudah tergesar dari kelompok lima besar produsen ponsel pintar di dunia. Bersama Motorola, Ericsson dan merk Eropa lain, Nokia berbagi sisa pangsa pasar sebesar 41,2 persen. 

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng