Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Meningkatkan Karakter Aparatur Desa di 7 Kecamatan

Meningkatkan Karakter Aparatur Desa di 7 Kecamatan

On Saturday, October 5, 2013 | 10:30 AM

Baco Maiwa SE, Saat Memberi Materi Public Speaking pada Training Capacity Building (TCB) Di Kecamatan Pengkadan
Training Capacity Buidling (TCB) di Putussibau Selatan, Pengkadan, Boyan Tanjung, Bunut Hulu, Mentebah, Kalis dan Bika

GOALOLEH    Penulis     Ikuti di twitter

Training Capacity Building (TCB) yang fokus pada Caracter Building dan Institusional Building untuk aparatur desa tersebut mengambil Tema ”Aparatur Desa Cerdas, Bangsa Berkwalitas. Kegiatan tersebut merupakan program Badan Pemberdayaan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPDPKB) Kab. Kapuas hulu yang bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan & Pelatihan Demang Nutop Institute (LPP-DENIS). 455 Perwakilan aparatur desa dimana setiap desa mengutus 5 orang peserta, mereka berasal dari 91 desa di 7 kecamatan dan mengikuti kegiatan selama satu hari penuh di ibukota Kecamatannya masing-masing.

Training ini lebih di fokuskan pada peningkatan karakter (Caracter building) aparatur desa agar memiliki kepribadian yg mumpuni, berintegritas dan bersahaja dalam mengemban amanah di tengah-tengah masyarakat serta mampu memanaje institusinya secara baik (Institusional Building) mampu mengelola konflik yang ada menjadi sebuah kekuatan dan bekerjasama secara tim agar dapat mengawal pembangunan desanya kearah yang lebih baik dan diharapkan menjadi wahan untuk mencetak aparatur desa yang berdaya saing,” ujar Baco Maiwa, SE, selaku pemerakarsa kegiatan ini yang juga sekaligus sebagai anggota DPRD Kab. Kapuas Hulu.

Kegiatan TCB ini dibagi dalam 7 angkatan, angkatan pertama di Kecamatan Putussibau Selatan (6/9) yang di buka secara resmi oleh Camat Putussibau Selatan Serli, S.Sos, MM, angkatan kedua di Kecamatan Pengkadan (21/9) dibuka seacara resmi oleh camat Drs. Rusli Kulya, angkatan ketiga Kecamatan Boyan Tanjung (22/9) dibuka secara resmi oleh Plt Camat Sudarso, S.Pd, angkatan keempat di Kecamatan Bunut Hulu (23/9) dibuka secara resmi oleh camat Drs. Abdul Karim, M. Si, angkatan kelima Kecamatan Mentebah (24/9) dibuka seacara resmi oleh Plt Camat A. Sargito, S.Sos, angkatan keenam Kecamatan Kalis (25/9) dibuka secara resmi oleh camat Wibantoko, S. Sos dan angkatan 7 Kecamatan Bika (26/9) yang dibuka secara resmi oleh camat R. Adji Winursito, S. Sos. Dalam sambutan singkatnya, seluruh camat dan plt camat di 7 kecamatan tersebut hampir bernada sama, dimana mereka mengatakan sangat antusias dengan program pelatihan ini dan berharap agar semua peserta dapat mengikutinya dengan baik sampai selesai, serta dapat menerapkan dengan maksimal hasil-hasil pelatihan tersebut di desa masing-masing.

Seorang peserta bertanya di acara TCB di kecamatan Boyan Tanjung
Guna membangun kesadaran perubahan diri para aparatur desa sehingga mereka mampu merumuskan arah kebijakan desanya di masa depan, dalam pelatihan tersebut LPP-DENIS Kapuas Hulu menyajikan beberapa materi seperti :
Pengembangan Diri Tujuan Instruksional Setelah menyelesaikan materi ini, diharapkan peserta dapat Memahami makna konsep diri, Memiliki konsep diri Positif, Memiliki rasa percaya diri yang tinggi, Mampu Melakukan Analisa SWOT atas dirinya, Melakukan optimalisasi potensi diri. 
Manajemen Diri, Tujuan Instruksional Setelah mendapatkan materi ini diharapkan peserta mampu Menetapkan tujuan dan perencanaan diri, Memahami konsep manajemen waktu, Memanaje waktunya dengan efektif dan efisien, Menyusun skala prioritas. 
Public Speaking, Tujuan Instruksional Setelah mendapatkan materi ini diharapkan peserta mampu Kemampuan berbicara menggugah, Kemampuan berbicara yang mengubah, Kemampuan berbicara dari hati. 
Tekhnik Lobby & Negosiasi, Tujuan Instruksional Setelah mendapatkan materi ini diharapkan peserta mampu Memahami makna lobby dan negosiasi, Dapat menciptakan strategi negosiasi yang sukses, Trampil melakukan negosiasi.
Jurnalistik, Tujuan Instruksional Setelah mendapatkan materi ini diharapkan peserta mampu Memahami dasar-dasar jurnalistik. Mampu menulis berita atau kegiatan yang terjadi di desa masing-masing, Mampu mempublikasikan berita tersebut kepada media masa cetak maupun elektronik.

TCD di Kecamatan Bunut Hulu
semua peserta menanggapi dengan sangat anusias terhadap program pelatihan ini dan mereka berharap agar pelatigan ini dapat dilaksanakan setiap tahun dengan materi pelatihan di sesuaikan dengan kebutuhan aparatur desa yang terus berubah dan berkembang, serta sebagian besar peserta berharapa agar LPP-DENIS dapat melaksanakan pelatihan IT (informasi teknologi) tentang bagaimana cara menguasai internet (brosing, E-mail, Facebook, twiter dll) agar aparatur desa dapat mengakses informasi dengan capat dan dapat mempublikasikan kegiatan desanya kedunia luar, ucap mereka dengan penuh harap.
Salah satu Instruktur utama pelatihan dari LPP-DENIS Kapuas Hulu, Sasbirais, SE menjelaskan bahwa metode yang diterapkan dalam pelatihan tersebut adalah metode pendidikan orang dewasa dengan menggunakan pendekatan belajar dari pengalaman. Pemberian materi juga tidak hanya dengan ceramah, tetapi didukung presentasi multimedia, efek sound, bedah film, simulasi/games. ”Kami berharap, dengan pendekatan tersebut bisa membawa perubahan terutama mind set pada setiap diri aparatur desa yang menjadi peserta Training Capacity Building Lebih luas lagi, tentunya perubahan bagi Kab. Kapuas hulu,” harapnya. (*)
Sasbirais, SE, saat mengisi materi pengembangan diri pada acara TCB di Kecamatan Mentebah 
Awang Ramlan memberikan materi Jurnalistik kepada Aparatur Desa Kecamatan Kali pada acara TCD (Traingin Capacity Building)
Peserta antusias pada acara Training Capacity Building kecamatan Bika

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng