Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » » Mengenal Suku Dayak Tamambaloh di Kapuas Hulu

Mengenal Suku Dayak Tamambaloh di Kapuas Hulu

On Monday, September 1, 2014 | 4:25 PM

Suku Dayak di Kalimantan, punya Budaya unik yang memang menjadi ciri khas, tidak terkecuali Suku Sayak Tamambaloh. Di Desa Sungai Uluk Palin, Kab Kapuas Hulu Anda dapat mengenal mereka, serta melihat rumah tradisionalnya. Sebuah desa yang masih dihuni oleh salah satu suku dayak asli pedalaman Kalimantan, Dayak Tamambaloh.
Yang menarik dari sini adalah sebuah rumah Betang Panjang yang sudah berusia ratusan tahun. Rumah ini juga masih dihuni oleh masyarakat adat Dayak Tamambaloh, jarak dri ibu kota kabupaten kapuas hulu, kota Putussibau sekitar 75 Km.

Tak butuh waktu lama untuk mencapai Desa Sungai Ulok Palin. Dengan dipandu oleh salah satu punggawa suku Dayak Tamambaloh, kita bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat Dayak Tamambaloh yang cukup memiliki kekayaan khasanah budaya, serta adat istiadat yang masih terpelihara dengan baik.

Rumah Betang Panjang memiliki panjang 218 Meter, tinggi 7 meter, 3 anak tangga akses masuk, dan 54 kamar. Setiap kamar dihuni oleh dua atau 3 kepala keluarga, dan masing-masing kepala keluarga memiliki beberapa orang anggota keluarga. Cukup padat.

Seluruh tiang penyangga utama rumah betang terbuat dari kayu Belian (ulin) tanpa sambungan, termasuk anak tangga akses masuk. Beberapa tiang pendukung, terbuat dari kayu trembesi, dan atapnya terbuat dari kulit kayu.
Salah satu tiang utama sangat besar, hingga dibutuhkan 2 orang dewasa untuk bisa memeluk tiang tersebut secara utuh. Para penghuni rumah Betang Panjang sangat ramah. Mereka menerima dengan tangan terbuka setiap tamu yang datang.

Keramahan mereka tercermin dari suguhan minuman tradisional khas Dayak yang terbuat dari akar-akaran yang difermentasikan hingga mengandung alkohol, disebut Papak. Suguhan ini adalah suatu penghormatan kepada setiap tamu yang datang.

Beberapa wanita tampak mengeluarkan keranjang rotan yang tampak penuh isinya. Tak butuh waktu lama, terlihat banyak hasil kerajinan tangan yang sangat indah, berupa gelang, kalung, hiasan kepala, dan lain-lain yang terbuat dari manik-manik dan tumbuhan liar di sekitarnya.
Dengan harga yang sangat masuk akal, mereka menawarkan barang- barang unik kerajinan tangan mereka kepada setiap pengunjung yang datang.

Kekayaan adat istiadat, sosial dan budayanya, sungguh menjadi harta yang tak ternilai. Dimana Rumah Betang Panjang Dayak Tamambaloh adalah salah satunya. Ayo jelajahi Kab. Kapuas hulu...

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng