Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Di Sungai Ada Pintasan Untuk Percepat Perjalanan

Di Sungai Ada Pintasan Untuk Percepat Perjalanan

On Sunday, January 20, 2013 | 10:32 PM

speedboad melintas pintasan

Perjalanan melintasi sungai Kapuas akan terasa lama jika mengikuti alur sungai yang sesungguhnya. Akan tetapi, sejumlah pintasan anak sungai dan danau membuat perjalanan bisa lebih cepat.
Jika melakukan perjalanan melalui sungai, maka melintasi sejumlah pintasan akan menjadi rutinitas yang dilalui. Terutama saat mengarungi sungai Kapuas dari Kota Putussibau ke beberapa daerah kecamatan pesisir sungai. Pintasan baik yang berupa anak sungai dan danau menjadi jakur alternative mempercepat waktu tempuh.
“Seperti kalau kita hendak ke Nanga Embaloh. Dapat di pastikan kita akan melalui pintasan yang biasa di sebut pintas semulung. Waktu tempuh bisa dipersingkat dari pad akita mengikuti alur sungai Kapuas yang sesungguhnya,” ungkap Bang Boy, salah seorang matoris, sebutan bagi pengemudi speedboat.
Ditambahkan Bang Boy, pintasan di sungai Kapuas telah menjadi sahabat para matoris. Dari zaman angkutan sungai masih begitu favoritnya. Terutama speedboat. Dari Putussibau menuju Sintang, speedboat adalah pilihan masyarakat yang ingin lebih cepat dari motor tambang. Ketika itu jalan darat belum ada dari Putussibau ke Sintang. Sepanjang perjalanan menyusuri sungai Kapuas, cukup banyak pintasan yang bisa dilalui untuk mempercepat perjalanan.
“ada yang pintasannya memang alami berupa anak sungai dan danau. Tapi informasi ada juga beberapa pintasan yang memang sengaja di buat oleh masyarakat,” katanya.
Pintasan-pintasan itu relative mudah di lalui ketika debit air sungai Kapuas cukup besar. Karena ketika itu, debit air di pintasan juga menjadi besar. Sehingga lebih mudah speedboat melintas. Dibandingkan ketika air surut, maka akan sulit dilintasi. Jika sudah demikian, mau tidak mau harus mengikuti jalur sungai yang sesungguhnya. Meski waktu tempuh perjalanan menjadi sedikit lebih lama. 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng