Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Jamban Untuk MCK

Jamban Untuk MCK

On Sunday, January 20, 2013 | 10:28 PM

jamban

Jamban merupakan bangunan terapung di atas sungai yang memiliki banyak fungsi. Masyarakat pesisir sungai sangat familiar dengan bangunan yang satu ini. Tak mengherankan, saat melintas sungai Kapuas di Kabupaten Kapuas Hulu, jamban mudah di temukan.
Fungsi jamban begitu beragam. Dari sebagai tempat sandar alat transportasi sungai seperti perahu, speed boat, kapal Bandong, jamban juga memiliki fungsi vital bagi masyarakat. Yaitu untuk kegiatan mandi, cuci dan kakus.
Jamban masih sangat mudah di temukan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. mulai dari daerah aliran sungai, hingga kawasan danau. Sebut saja di wilayah Kecamatan Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Selimbau, Jongkong hingga Suhaid, Semitau dan Silat Hilir. Bahkan jamban mudah di temui di pesisir sungai di kota Putussibau. Seperti di kawasan pantai Sibat Laut, Kampung Prajurit, pinggiran sungai Kapuas di Teluk Barak dan Kedamin hilir. Di depan rumah dinas Bupati Kapuas Hulu pun tertambat sebuah Jamban.
Jamban bisa terapung karena ada batang kayu log yang menjadi pelampungnya. Banyaknya kayu log yang digunakan tergantung besaran jamban yang akan di buat. Masyarakat yang menggunakan jamban untuk kegiatan MCK biasanya membuat dalam ukuran kecil hingga sedang. Ada sebagian masyarakat yang menyandingkan jamban dengan rumah lanting. Agar jamban tak hanyut terbawa arus, diikatkan tali ke pohon besar yang ada di pinggir sungai. Ada juga yang membuat pondasi khusus untuk tempat ikatan tali jamban. Selain menggunakan tali tambang, pemilik jamban mengikatnya menggunakan tali sling. Aktifitas di jamban lanting  biasanya ramai pagi hari dan sore hari. Di jam-jam warga hendak mandi sebelum melakukan dan selesai beraktivitas. Di sela-sela mandi biasanya dibarengi dengan mencuci atau buang air di kakus. 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng