Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Gertak Struktur Beton

Gertak Struktur Beton

On Sunday, January 20, 2013 | 10:36 PM

gertak kayu

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu akan memprogramkan gertak struktur beton dalam pembangunan gertak di sejumlah wilayah ke depannya. Terutama untuk daerah-daerah pesisir sungai Kapuas yang mengandalkan gertak sebagai akses penghubung.
“Mulai tahun depan kita akan programkan pembangunan gertak tidak lagi menggunakan kayu. Terutama untuk galang dan lantai. Akan kita ganti dengan beton yang lantainya di cor,” ungkap Ir H Muhammad Sukri, Sekretaris Daerah Kapuas Hulu.
Penggantian dari gertak kayu ke beton itu menurut Sukri bukan tanpa alasan. Pertama, keberadaan kayu terutama kayu belian sudah semakin sulit di dapat. Kalaupun ada, harga yang berlaku juga cukup mahal. Factor keamanan saat membawa kayu belian juga menjadi penyebab. Karena kayu belian merupakan salah satu komoditi kayu langka yang dilindungi. Kedua, dengan struktur beton diyakini umur gertak akan lebih panjang dibandingkan kayu. Setruktur beton dengan lantai cor akan lebih kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca. Dibandingkan kayu, jika sering terendam banjir maka akan lapuk.
“Banyak gertak yang kondisi lantai dan galangnya cepat rusak. Harus ada inovasi teknologi. Saya sudah arahkan dinas terkait. Dan kepada Bapak Bupati juga sudah kita sampaikan. Mudah-mudahan mulai tahun depan akan kita cicil pelaksanaan program gertak beton ini,” tambah Sukri.
Ketua DPRD Kapuas Hulu, Ade M Zulkifli, menyambut baik program pembangunan gertak dengan struktur beton tersebut. Diakui Ade, masih banyak daerah pesisir sungai yang mengandalkan gertak sebagai sarana akses di permukiman penduduk.
“Hampir seratus persen warga pesisir ini akses jalan kampungnya menggunakang ertak yang terbuat dari kayu. Karena daerah pesisir sulir membangun jalan. Rawan banjir dalam jangka waktu lama. Itu sebabnya mengandalkan gertak dengan ketinggian tertentu,” kata Ade.
Daerah-daerah itu seperti sebagian Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Jongkong, Selimbau hingga Suhaid. Mulai dari dusun, desa hingga ke kota kecamatan. Seperti di Selimbau, hampir seratus persen kota Selimbau jalan aksesnya adalah gertak kayu. Karena kota Selimbau dibangun di atas air pesisir sungai.
“Kita akan bawa jug ake DPRD agar bisa didukung penganggarannya. Saya optimis rekan-rekan di DPRD juga mendukung upaya ini. Sebab selain efektif dalam pembangunan juga bisa menghemat anggaran. Hanya besar di awal pembangunan, pemeliharaan ringan dan jangka waktu bertahan lebih lama,” pungkas Ade
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng