Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , , » Putra/I KKH Haruskah Jadi Pengusaha ?

Putra/I KKH Haruskah Jadi Pengusaha ?

On Thursday, March 7, 2013 | 3:45 AM


Suatu hari di tahun 2006, ketika itu saya baru memulai usaha membuka lembaga kursus, yang Alhamdulillah berkembang pesat, meskipun pada akhirnya harus tutup karena kesibukan saya bekerja sebagai fasilitator program pemerintah dan sulitnya mencari tenaga pengajar yang berkwalitas menurut selera saya ketika itu. Dalam beberapa kesempatan saya bertemu dengan keluarga saya dan mereka menanyakan kepada saya tentang pekerjaan saya sebagai seorang sarjana. Saya menjawab dengan semangat bahwa pekerjaan saya sekarang mengelola lembaga kursus, yang mengagetkan saya, mereka menjawab dengan agak sinis “oh belum bekerja ya, saya kira Baco sekarang bekerja sebagai PNS, sayang sarjana seperti Baco kok tidak jadi PNS, karena jadi PNS itu bekerja dan tidak bekerja tetap dapat gaji dan dapat pensiun lagi di hari tua”.
Itulah pendapat sebagian besar orang tua kita tentang memaknai kehidupan dan pekerjaan. Mendengar pernyataan itu saya hanya bisa tersenyum kecut, sembari berbisik dalam hati saya berkata “bahwa hasil saya dari mengelola lembaga kursus bisa lebih besar 3 kali lipat dari para PNS itu”. Mari kita merobah mind set generasi tua, bahwa menjadi PNS itu bukan segala-galanya, ternyata ada ruang kehidupan yang lebih luas, jika kita ingin mendapat kesejahteraan dan menjalani hidup dengan tenang tanpa perlu ada intervensi dari pihak lain, itulah profesi “Entrepreneur/pedagang/pebisnis/pengusaha”.
Apa Itu Pengusaha ? Seluruh proses perubahan ekonomi akhirnya tergantung pada pribadi perilakunya yaitu entrepreneur/pengusaha. (Joseph Schumter).
Pengertian pengusaha bisa kita simpulkan melalui beberapa pendapat, sebagai berikut : Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Pengusaha berarti kegiatan dengan mengeluarkan tenaga, pikiran, dan badan untuk suatu maksud mencari untung. Kamus Manajemen LPPM : Pengusaha berarti seorang yang mampu memulai dan atau menjalankan usaha.
Dari beberapa ahli pengusaha berarti ? Joseph Schumter : orang yang melihat adanya peluang, kemudian menciptakan organisasi untuk memanfaatkan peluang itu. Geoffray G. Meredith : orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber yang di butuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses. Howard H. Stevenson : suatu pola tingkah laku manajerial terpadu dengan melakukan upaya pemanfaatan peluang-peluang yang tersedia tanpa mengabaikan sumber daya yang di milikinya.
Manfaat Menjadi Pengusaha. Pekerjaan terbaik adalah usahanya seseorang dengan tangannya sendiri dan semua jual-beli itu baik. (HR. Ahmad, Al-Baihaqi)
Pentingnya Menjadi Pengusaha. Bagaimana mungkin kalian menginginkan sesuatu yang luar biasa, padahal kalian sendiri tidak mengubah kebiasaan diri sendiri.(Ibnu Athailah)
Potensi luar biasa besarnya telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita sebagai bangsa Indonesia di antaranya : Indonesia merupakan eksportir gas alam cair terbesar di dunia. Indonesia merupakan eksportir minyak mentah terbesar di kawasan asia pasifik. Ikan di laut Indonesia diperkirakan mencapai 6,2 juta ton dan merupakan 25% dari spesies ikan di dunia. Indonesia memiliki 10% hutan tropis dunia yang masih ada.
Saat ini hanya untuk memenuhi kuota 2% saja, Indonesia masih membutuhkan minimal empat juta orang pengusaha. Itu lah salah satu alasan mengapa kita semua dituntut untuk menjadi pengusaha sekaligus peluang dan tantangan kita di masa depan. Dengan menjadi pengusaha, selain tidak menjadi beban bagi pihak manapun, kita juga akan turut serta membangun Indonesia menjadi lebih maju dan mendorong penciptaan lapangan pekerjaan.
Jangan Jadi Pengusaha Biasa. Seorang pengusaha harus memiliki tujuan yang lebih tinggi dan tidak hanya berorintasi pada profit saja, karena karya terbaik akan menghasilkan kompensasi bagi mereka. Berikut contoh pengusaha sukses, di antaranya : Larry Page dan Sergey Brin : merupakan duo pendiri google yang membuat oarang lebih mudah menemukan apapun yang di cari dengan gratis. Mark Zuckerberg : adalah pendiri facebook yang dapat menjadi jembatan persahabatan dan hubungan antar manusia dalam dunia modern yang serba terbatas ruang dan waktu. Bram Cohen : adalah penemu bit torrent yang membuat kita bisa menikmati berbagai file lewat software semacam limewire atau vuse.
Tentunya sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang kita cintai ini, kita berharap negara kita akan semakin maju dan menjadi negara maju yang masyarakatnya tidak lagi miskin. Namun salah satu ciri ciri negara maju adalah dengan semakin banyaknya jumlah pengusaha yang ada di negara tersebut, karena pengusaha adalah salah satu penggerak ekonomi negara secara langsung. untuk menjadi negara maju minimal 2 % dari jumlah penduduknya adalah pengusaha. Dengan melihat data sekarang ini Indonesia baru 1,56 %. Amerika 12 %, Jepang 10 %, Singapore 7 % dan  Malasyia 5 %.
Apapun profesi kita sekarang ini, saya secara pribadi mengajak semua masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kapuas hulu untuk mulai tidak hanya memikirkan dan memuaskan diri kita pribadi, tetapi mulai memutuskan untuk menjadi pengusaha. Dengan menjadi pengusaha kita akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk menolong orang dengan membuka banyak lowongan pekerjaan.
Untuk teman-teman yang secara ekonomi sudah mapan dengan menjadi karyawan di perusahaan, atau yang saat ini sudah menjadi PNS, mulailah melirik untuk membuat usaha sendiri walaupun dengan tetap bekerja, sehingga nantinya akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
mungkin ada yang sependapat dengan saya ataupun sebaliknya berbeda pendapat dengan saya. tapi yang pasti masa depan Kapuas hulu ada pada kita sebagai masyarakat KKH sendiri. Kabupaten kita adalah Kabupaten yang kaya akan sumber daya alam, tapi masih miskin sumber daya manusia. tahun 2013 adalah kesempatan yang baik karena pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang meningkat. (Pasang bubu tungak kulu, Buleh langkong dua belas. Urang ulu dah maken maju, siap besaeng di pasar bebas). Wallahu’alam.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng