Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Tertib Lalin Tanggungjawab Bersama

Tertib Lalin Tanggungjawab Bersama

On Tuesday, March 26, 2013 | 12:56 AM


PUTUSSIBAU – Untuk bisa menciptakan tertib lalu lintas tak semata-mata peran aparat dalam hal ini Satuan Polisi Lalu Lintas semata. Namun sudah menjadi tanggungjawab bersama masyarakat pengguna jalan. Demikian di ungkapkan Aliyanto, Ketua Yamaha Vixion Club Kapuas Hulu.
“Dijalan itu banyak pemangku kepentingan. Tapi yang utama adalah masyarakat penggunanya. Sehingga peran para pengguna jalan ini dalam menciptakan tertib berlalu lintas sangat besar,” ungkap Aliyanto.
Menurut Aliyanto, bentuk tanggungjawab itu bisa ditunjukkan dengan mematuhi aturan berkendara di jalan. Misalnya tidak melaju dengan kecepatan tinggi. Mematuhi segala rambu-rambu yang ada. Mengetahui aturan tentang berkendara yang baik dan aman. Menggunakan helm standar bagi para pengguna sepedamotor.
“Terpenting juga adalah melengkapi diri dengan surat kelengkapan berkendara. Seperti SIM dan STNK,” katanya.
Aliyanto juga menghimbau agar masyarakat yang sering menggunakan kendaraan di jalan raya untuk membekali diri dengan pengetahuan berkendara yang aman. Ia mencontohkan pengetahuan arti dari nyala lampi sein. Aliyanto mengatakan dirinya beberapa kali mendengar pengalaman masyarakat terkait minimnya pengetahuan tentang nyala lampu sein ini. Terutama ketika ada pengendara di depan yang hendak berbelok ke kanan.
“Mestinya ketika ada pengendara di depan menyalakan sein ke kanan itu berarti hendak berbelok ke kana. Kita yang berada di belakang mengambil kea rah kiri. Tapi sering terjadi tabrakan dari belakang karena pengendara di belakang berusaha menyalip dari kanan. Itu karena ketidaktahuan arti nyala lampu sein tadi,” terang Aliyanto.
Sebab itu Aliyanto berharap agar masyarakat pengguna jalan tidak semata-mata hanya tahu naik kendaraan saja. Membekali diri dengan pengetahuan tertib berlalu lintas menjadi point penting berkendara nyaman dan aman. (ln13)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng