Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » » Desa Piasak Produsen Kerupuk Kapuas Hulu

Desa Piasak Produsen Kerupuk Kapuas Hulu

On Friday, August 30, 2013 | 6:40 PM

Label Kerupuk Ikan Produksi
 salah satu Industri Rumah tangga di Piasak 

Industri Rumah tangga Kerupuk Ikan  di Desa Piasak Kec. Selimbau

Sudah sejak tahun 2000 usaha kerupuk ikan dikembangkan oleh masyarakat pesisir Kapuas di dalam kawasan dan penyangga kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) sebagai industri rumah, seperti di desa Piasak Kecamatan Selimbau yang merupakan binaan pemerintah daerah kabupaten Kapuas Hulu khususnya Dinas Perikanan dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi.

Industri rumah tangga yang berkembang ini dilatar belakangi oleh upaya pemanfaatan hasil alam ikan yang berlimpah pada setiap musimnya, selain dijual dalam bentuk ikan segar maupun yang telah diawetkan baik di asinkan atau di salai, maka sebagian lagi dibuat Kerupuk ikan.

Pemanfaatan ikan melalui industri rumah tangga ini juga meningkatkan nilai tambah dari ikan itu sendiri, yang bervariasi menurut jenisnya, berkorelasi dengan harga jual, dimana harga kerupuk perkilogramnya dilokasi produksi berkisar dari 15 ribu sampai 60 ribu rupiah sesuai dengan jenis dan komposisi ikan, serta kombinasi dan inovasi paket kemasannya, dan harga ini akan berubah terutama ketika ikan sulit diperoleh atau ditambah dengan ongkos pengangkutan jika harus didaerah lain.

Sedikitnya ada 7 jenis paket dan kemasan kerupuk ikan yang sering diproduksi kelompok pengrajin dan industri rumah tangga yang ada di Piasak, yaitu :
1. Kerupuk putih kecil mahal,  yang harganya mencapai 60 ribu atau lebih/kg.
2. Kerupuk putih kecil, harga 50 ribu/kg.
3. Kerupuk Anggur putih kecil, harga 40 ribu/kg
4. Kerupuk Anggur biasa, harga 35 ribu/Kg
5. Kerupuk Bauk Warna-warni kecil/Oles, harga 25 ribu/kg
6. Kerupuk Bauk kecil, dengan harga 20 ribu/kg
7. Kerupuk Bauk besar, harga 15 ribu/kg


Semua paket kemasan sudah menggunakan plastik bersablon yang mencantumkan nama kelompok yang memproduksi, nomor sertifikat dari Dinas Kesehatan Kabupaten, bahan baku serta kontak person untuk pemesanan, kecuali jenis produk terakhir yang harganya 15 ribu/kg hanya dibungkus dengan plastik kantong putih polos biasa.
Jenis-jenis ikan yang dijadikan bahan pembuatan kerupuk

Pasaran dari hasil industri rumah tangga kerupuk, khususnya dari Desa Piasak ini sudah mencapai pasar Nasional di Jakarta dan kota-kota besar di pulau Jawa, pasar propinsi di Pontianak serta pasar-pasar antar kota kabupaten dan Kecamatan di Kalimantan Barat. Alur pemasaran ini hanya melalui bisnis-bisnis perorangan yang belum terkoordinir dan belum ada aturan tetapnya, atau belum ada intervensi dari pemerintah.
Bentuk kemasan kerupuk dengan plastik sablon,
memuat kompo dan merek dagang

Oleh Eko Darmawan (Koordinator FFI-Kapuas Hulu)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng