Headlines News :
http://picasion.com/i/1URpX/
http://picasion.com/i/1UScV/
Home » , » Panen Raya Kelompok Tani Jaya Murni Desa Lubuk Antuk

Panen Raya Kelompok Tani Jaya Murni Desa Lubuk Antuk

On Thursday, August 29, 2013 | 12:29 PM



Desa Lubuk antuk kecamatan Hulu gurung terus meningkankan usaha pertaniannya. beberapa minggu yang lalu tepatnya pada tanggal 15 Juli 2013  baru saja dilaksanakan Panen Raya Varietas unggul di kelompok Tani Jaya Murni Desa Lubuk Antuk. acara yang di hadiri oleh perwakilan BPTP Kalimantan Barat, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Hulu dan Camat Hulu Gurung serta beberapa penyuluh pertanian dan kelompok Tani dari beberapa desa tetangga berlangsung Meriah. walaupun sempat tertunda dikarenakan Hujan yang deras namun tidak menyurutkan antusias warga dan tamu yang hadir.
acara yang dimulai jam 15.30 wib dilaksanakan di lokasi sawah kelompok tani jaya murni. dalam sambutannya, Bapak Drs Iwan Setiawan M.Si selaku camat Hulu Gurung menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPTP Kalimantan Barat atas Pendampingan uji cob Varietas Unggul kepada kelompok tani. dengan adanya pendampingan dan sekolah lapangan tersebut petani bisa memaksimalkan lahan yang ada serta bisa memilih bibit yang sesuai dengan lokasi pertanian. beliau juga mengharapkan kedepannya akan ada pendampingan dan pelatihan bagi petani khususnya dalam pembuatan dan penggunaan pupuk organic. karena pupuk organic bahan dasarnya mudah dicari dan dalam penggunaannya tidak merusak tanah.
Sedangkan dari BPTP Kalimantan Barat yang diwakili oleh Bapak Rusli Burhansyah menyampaikan bahwa Program Pendampingan ini adalah kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu. Tujuan pendampingan ini adalah untuk mempercepat perolehan hasil penelitian terhadap Varietas unggul dilokasi sawah Kapuas hulu. Program pendampingan ini dilaksanakan dimulai dari pengolahan lahan, penyemaian, penanaman, pemeliharaan sampai panen. kedepannya beliu juga berharap akan ada kerjasama antara BPTP Kalimantan Barat dengan Pemerintan Kapuas Hulu untuk program yang lainnya.
Dari hasil Ubinan diketahui bahwa untuk varietas ungul  Situbagendit : 5,58 Kg, Varietas  Invari : 6,3 Kg dan Varietas Cibogo  7,65 kg. menanggapi hasil tersebut, Pak Jumadi Kamarsyah selaku kepala Dinas Pertanian Kapuas Hulu mengatakan bahwa hasil tersebut sudah lumayan bagus. beliau mengharapkan vareitas unggul tersebut untuk terus dikembangkan dan disesuikan dengan lokasi pertanian. dan harapan terbesarnya adalah desa Lubuk Antuk melalui kelompok-kelompok tani beberapa tahun kedepan bisa Berswasembada Beras untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat Kapuas Hulu.

Oleh : Irwan
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1USKG/
 
Support : Bang Eceng | Template | @Adhittia_Egha
Copyright © 2013. Suara Uncak Kapuas - All Rights Reserved
Dirancang Oleh Adhittia Egha Atau Bang Eceng